• SD NURIL ISLAM PACITAN
  • Aku Datang - Aku Belajar - Aku Pintar

Tiga Keutamaan dalam Mencari Ilmu

Adapun beberapa keutamaan orang yang berilmu, yaitu :

 

 

1. Ilmu adalah warisan para nabi

Rasulullah saw bersabda: “Dan sesungguhnya para Nabi tidak pernah mewariskan uang emas dan tidak pula uang perak, akan tetapi mereka telah mewariskan ilmu (ilmu syar’i) barang siapa yang mengambil warisan tersebut maka sungguh ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR Ahmad).

Hal ini menunjukkan bahwa ilmu itu lebih tinggi dari uang, emas, dan perak. Dan ilmu itu abadi sedangkan harta itu fana. Ilmu tidak akan membuat lelah pemiliknya dalam menjaganya, karena tempat ilmu adalah di dalam hati. Sehingga hal itu tidak membutuhkan tempat khusus ataupun kunci khusus untuk menjaganya tetapi harta sebaliknya, harta akan membuat lelah pemiliknya dalam menjaganya, karena harta memerlukan tempat khusus untuk menjaganya, belum lagi jika harta itu hilang, kita akan lebih lelah memikirkan harta kita.

 

2. Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu 

Allah swt berfirman: “Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadalah: 11).

Surah ini menunjukkan betapa tinggi derajat dan kedudukan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan sebab orang-orang yang diangkat derajat-Nya disisi Allah swt adalah orang yang beriman, bertaqwa dan beramal saleh serta berilmu.

 

3. Ilmu akan memberikan manfaat meski telah meninggal

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali melalui tiga jalur: shadaqah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang senantiasa mendoakannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Siapa yang tidak ingin terus mendapatkan pahala meski telah meninggal. Hal ini akan didapati bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Sebab, ilmu tersebut bukan hanya bermanfaat untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain.

Sebagai pelajar kita tidak boleh malas dan lelah dalam menuntut ilmu. Karena masa depan kita ditentukan oleh diri kita saat ini. Tuntutlah ilmu, disaat kamu miskin ia akan menjadi hartamu, disaat kamu kaya ia akan menjadi perhiasanmu. 

Tulisan Lainnya
Peserta Pesta Siaga dan Perkemahan Bergas SD Nuris Pacitan

Peserta Pesta Siaga dan Perkemahan Bergas SD Nuris Pacitan, Jawa Timur (20/06/2024). Pesta siaga ini melibatkan siswa SD kelas rendah dan Siswa kelas tinggi yang selevel dengan siaga.

25/06/2024 10:37 - Oleh Administrator - Dilihat 12 kali
Sumatif Akhir Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024

Asesmen Sumatif Akhir Semester ini merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap siswa pada semua kompetensi da

09/06/2024 11:58 - Oleh Kontributor - Dilihat 55 kali
Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

DALAM zaman yang terus berkembang, kita dihadapkan pada tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Sebagai respons terhadap kompleksitas ini, dunia pendidikan perlu mengubah orienta

09/06/2024 11:50 - Oleh Kontributor - Dilihat 75 kali
Manfaatkan Botol Bekas dan Kain Perca sebagai Celengan

Pada kesempatan kali ini anak anak membuat kerajinan celengan dari bahan bekas. Kegiatan ini dilakukan secara langsung di kelas 1A K.H Hasyim Asy'ari. Celengan merupakan suatu tempat ya

09/06/2024 11:39 - Oleh Kontributor - Dilihat 31 kali
SD Nuris Pacitan Gandeng Cleaning Servis, Demi Sekolah Bersih dan Nyaman

SD Nuris Pacitan Gandeng Cleaning Servis, Demi Sekolah Bersih dan Nyaman   PACITAN- Dalam rangka meningkatkan kualitas kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekolah, SD Nuril Isla

09/06/2024 11:32 - Oleh Kontributor - Dilihat 33 kali
Peringatan Isra' Mi'raj

Isra Mi'raj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiw

09/06/2024 11:25 - Oleh Administrator - Dilihat 24 kali